Pasukan Kuning Dikerahkan ke Pantai Panjang

Pasukan Kuning Dikerahkan ke Pantai Panjang

\"\"BENGKULU, Bengkulu Ekspress - Mengantisipasi lonjakan volume sampah selama lebaran, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Bengkulu telah mempersiapkan petugas sapu jalan atau pasukan kuning untuk bertugas di kawasan Pantai Panjang. \"Kita akan menyiagakan petugas kebersihan 2 kali lipat dari hari biasanya, karena beberapa petugas yang titik lain kita alihkan semua ke Pantai panjang,\" kata Kepala Bidang Pengelolaan Sampah Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Bengkulu, Rusman Effendy SStp, kemarin (19/6).

Saat ini ada 225 petugas kebersihan yang terdiri dari penyapu jalan, tenaga operasional dan penata taman.

Disamping itu, lanjut Rusman, pihaknya juga mengerahkan tambahan mobil pengangkut sampah.

\"Jika hari biasa disiapkan 1 unit Dumtruck pengangkut sampah di objek wisata, tapi saat lebaran akan ditambah menjadi 2 unit,\" ungkapnya.

Untuk diketahui, selama 1 bulan Ramadan ini saja Dinas LH mencatat kenaikan volume sampah di Kota Bengkulu mencapai 15 persen dari hari biasanya. Dari 419 meter kubik menjadi 450 meter kubik atau setara 800 ton perhari.

\"Kalau kita berkaca pada tahun sebelumnya, saat lebaran peningkatan volume sampah in dapat meningkat 25 persen dari hari biasanya. Maka dari itu kami meminta masyarakat khususnya pedagang tetap menjaga kebersihan lingkungan,\" pungkasnya. (805)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: